Berbagai Istilah dalam Trading Crypto yang Wajib Diketahui

Istilah trader tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, khususnya bagi anda seorang trader. Di era digital sekarang ini memang memang banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Salah satunya yaitu melakukan trading, yang mana trading dianggap sebagai investasi yang sangat populer saat ini.

Pasalnya sangat mudah untuk menghasilkan uang dengan melakukan trading. Hanya saja akan terasa sulit jika anda tidak memahaminya terlebih duhulu. Binance merupakan bursa mata uang crypto terkemuka di dunia dan telah terdaftar di berbagai negara. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasannya dibawah ini tentang penjelasan crypto dan berbagai istilah dalam trading crypto.

Informasi Tentang Crypto

Sebelum membahas lebih jauh mengenai istilah trading crypto, alangkah baiknya memahami terlebihh dahulu mengenai arti crypto. Crypto itu sendiri adalah mata uang digital yang sering digunakan sebagai alat tukar untuk kegiatan transaksi secara online. Sehingga mata uang ini tidak bisa dipalsukan karena sistem keamanannya yang sangat ketat.

Biasanya proses transaksi dilakukan dengan cara menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya di internet tanpa menggunakan server. Proses transakasi ini memang sangat mudah. Tidak heran jika banyak aktivitas transaksi yang dilakukan. Bahkan crypto itu sendiri dikenal sebagai investasi yang sangat menjanjikan jika anda memahaminya dengan baik.

Istilah dalam Trading Crypto

Altcoin dan Bitcoin

Istilah dalam trading crypto memang cukup banyak, tidak heran jika para pemula kebingungan. Altcoin dan Bitcoin merupakan salah satu jenis koin atau aset crypto. Kedua jenis kon ini banyak digunakan para trader untuk bertransaksi secara online. Hanya saja Altcoin lebih sering dijadikan sebagai alternatif koin selain bitcoin.

Selain itu, kode BTC ini bisa memiliki peran penting karena bisa dikatakan sebagai induk crypto. Nah induk crypto inilah yang memiliki pengaruh besar terhadap pergerakan harga crypto lainnya di pasar. Anda harus memperhatikan harga crypto dan bisa mengambil keputusan yang tepat dan menjualnya ketika harganya naik.

Bearish-Bullish

Tentunya istilah ini sudah tidak asing lagi bagi anda yang sudah lama berkecipung dalam dunia investasi maupun trading di saham. Benar sekali kedua istilah ini menggambarkan suatu kondisi yang terjadi di pasar. Bearish tidak diharapkan karena harga mengalami penurunan, sementara bullish memiliki arti sebaliknya yaitu kondisi harga yang mengalami kenaikan.

Kedua istilah ini mengacu pada sifat bear yang memiliki arti beruang dan bull yang berati banteng saat kondisi menyerang. Digambarkan bahwa saat bear menyerang lawannya dan membanting kebawah menandakan harga mengalami penurunan. Namun sebaliknya bullish menyerang menggunakan tanduknya ke atas untuk menggambarkan kenaikan pada harga.

Oleh sebab itu kedua istilah ini sebenarnya cukup mudah diartikan, hanya saja bagi pemula merasa kesulitan. Tidak ada salahnya jika anda memperdalam pengetahun anda mengenai akademi crypto sebelum terjun dalam dunia investasi dan trading. Sehingga anda bisa memahami prosesnya dengan baik dan bisa mulai melakukan trading.

Blockchain

Selain Bearish-Bullish, ada juga istilah lainya dalam trading crypto yaitu blockchain. Dalam proses transaksi crypto, blockchain sendiri berperan penting yang dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada transaksi digital. Tentunya semua proses transaksi yang dilakukan melalui blockchain agar aman.

Sebagai tempat penyimpanan data transaksi blockchain juga memiliki sitem kemanan yang sangat tinggi. Tidak ada satu orang pun yang tau kata sandinya. Bahkan sistem keamanan yang dimiliki tidak main-main. Sehingga sistem ini sangat sulit dibobol dan dapat menangkal serangan siber yang mengancam crypto di dalamnya.

FOMO

Fear of missing out atau FOMO memang istilah yang cukup asing pada kehidupan sehari-hari. Akan tetapi istilah ini sangat sering digunakan dalam crypto. FOMO itu sendiri biasanya digunakan untuk menggambarkan investor atau trader yang takut kehilangan kesempatan saat adanya tren yang sedang naik. Kondisi ini memang wajar dan sering dialami oleh pemula.

Kondisi ini menggambarkan banyak orang yang membeli koin tertentu, maka akan banyak langsung yang membelinya tanpa menggunakan yang tepat. Nah kondisi ini biasanya dilakukan oleh pemula karena mereka memiliki pengetahuan yang terbatas. Sehingga yang bisa dilakukan hanya mengikuti trend atau mengikuti saran trader lama dengan harapan mendapatkan keuntungan.

FUD

FUD merupakan singkatan dari Fear, Uncertainty, and Doubt. Istilah ini memang sangat umum digunakan para investor untuk menilai suatu aset crypto. Aktivitas ini dilakukan oleh para trader maupun investor dengan menurunkan harga koin. Dengan begitu mereka bisa panik dan menjualnya dengan harga murah kepada investor maupun trader.

Aktivitas ini memang merupakan strategi terbaik yang bisa anda lakukan karena sangat efektif. Biasanya banyak orang yang merasa panik karena ada informasi bahwa terjadi entimen negatif pada aset kripto. Sehingga banyak yang buru-buru menjualnya agar terhindar dari kerugian. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi seorang investor.

HODL

Mempertahankan asep crypto memang harus dilakukan oleh para trader, sebab aset crypto bisa dianggap sebagai prospek yang sangat baik untuk masa mendatang. Hold On for Dear Life atau HODL memang mengacu pada strategi trading yang sering dilakukan oleh para investor. Apabila anda mendapatkan informasi bahwa trader melakukan HOLD, maka anda bisa menahan aset crypto dalam jangka waktu tertentu.

Bagi anda yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, mendownload apalikasi PINTU merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi ini menjadi salah satu paltform terbaik yang dapat digunakan untuk melakukan investasi dan jual beli aset crypto yang sangat populer di Indonesia. Bahkan aplikasi PINTU yang satu ini mudah digunakan, dan memiliki tampilan intuitif, serta konten edukasi in-app.