Menebak Peran Anyar Marquinhos & Brian Ferreira Bersama Persela Lamongan

Bergabungnya Marcus Vidal Cunha (Marquinhos) dan Brian Ferriera bersama Persela Lamongan, praktis membuat tim asal Jawa Timur itu menumpuk pemain asing di sektor gelandang serang. Sebelumnya, Persela Lamongan memiliki gelandang serang andalan yang terdapat pada diri Rafinha. Di banding Marquinhos dan Brian Ferreira, Rafinha dapat dikatakan lebih 'senior' dibanding dua pemain anyar Laskar Joko Tingkir tersebut.

Baik Rafinha, Brian maupun Marquinhos memiliki posisi yang hampir sama yakni gelandang serang. Sedikit perbedaan pada diri Marquinhos yang dapat beroperasi disektor winger maupun second striker . Posisi tersebut pernah dimainkan oleh gelandangs erang asal Brasil itu ketika membela Badak Lampung musim lalu.

Direkrutnya Brian dan Marquinhos digunakan sebagai pengganti dari Shunshuke Nakamura dan Jasmin Mecinovic yang didepak dari Persela Lamongan. Tentu saja dari kedua pemain anyar tersebut diprediksi akan dialih fungsikan sebagai gelandang bertahan bahkan bisa saja sebagai bek tengah. Prediksi perubahan peran yang akan dimiliki oleh Marquinhos dan Brian Ferreira diamini oleh Nil Maizar, selaku pelatih kepala Persela.

Menurutnya satu dianatara 2 pemain anayarnya itu dapat bermain di sektor gelandang bertahan. "Saya pinginnya begitu (ada ubahan formasi), karena menggantikan Nakamura, Jasmin gak ada, mungkin akan mainkan di gelandang bertahan satu, gelandang serang satu," terang Nil Maizar, Kamis (19/2/2020) seperti yang dilansir dari Nil Mizar pun mengisyaratkan bahwa peran second striker akan di emban oleh Brian Ferreira.

Brian yang juga pernah menjadi bagian PSS Sleman diprediksi akan menyokong pergerakan Rafinha dan Gabriel do Carmo di lini serang. Parktis Formasi 4 3 3 atau 4 3 1 2 akan digunakan oleh Nil Maizar berkaitan tambahan 2 amunisi bagi Laskar Joko Tingkir itu. "Untuk di belakang striker, Brian Ferreira sepertinya, tadi saya bilang. Tetapi, lihat situasi. Jika dilihat statistik memang Brian Ferreira," ucap Nil Maizar seperti yang dilansir dari

Melihat kondisi tersebut, Marquinhos dapat dimainkan sebagai gelandang bertahan. Meskipun jauh dari posisi idealnya seperti musim lalu bersama Badak Lampung, namun diterminasi dan daya jelajah yang tinggi membuat pemain asal Brasil dinilai cocok untuk memainkan posisi tersebut. Ataupun, kemungkinan besar Marquinhosdapat ditempatkan menjadi duet di lini serang bersama Gabriel.

Sedangkan Rafinha yang notabane nya memiliki kemampuan untuk menguasai bola lebih lama dalam membangun serangan dapat ditugaskan sebagai holding midfielder . Nil Maizar pun mengomentari terkait tidak adanya pemain bertahan asing untuk lini belakangnya. Mantan pelatih Semen Padang itu optimis dengan kualitas pemain lokal di jantung pertahanan.

Nil memilih fokus untuk menguatkan lini tengah permainan Persela Lamongan, mengingat kualitas yang dimiliki tak perlu diragukan kembali. "Kami lebih banyak dan kuat di gelandang. Lokal di belakang, kami maksimalkan lima pemain lokal center bek ini, jadi bagaimana menguasai lapangan tengah, akan bisa menguasai pertandingan,' terang Nil Maizar. Persela Lamongan di 3 laga awal Liga 1 2020 selalu menelan hasil negatif dengan belum pernah meraih satu kemenangan sama sekali.

Alhasil, posisi Laskar Joko Tingkir saat ini berada diurutan ke 18 dengan nir poin. Diharapkan kedatangan Marquinhos maupun Brian Ferreira mampu menjadi jawaban atas kurang ciamkinya Laskar Joko Tingkir di 3 laga wala musim ini.